Mengapa Olx dan Berniaga Kerjasama / Merger

Diposkan oleh Unknown on Friday, November 14, 2014

Penasaran ya sama kabar ini? Situs jual beli OLX.com dan Berniaga.com sepertinya bakalan melakukan merger kerja sama yang dilakukan sama induk perusahaan mereka masing-masing, yaitu 701 Search dan Naspers.

 &


701 Search dan Naspers yang merupakan gabungan tiga perusahaan jual beli online, yaitu Telenor, Schibsted, dan Singapore Press Holdings dikabarkan telah sepakat untuk membangun platform iklan dan jual beli online di negara Brazil, Thailand, Indonesia, dan Bangladesh.

Di Indonesia sendiri model kerja sama kepemilikan antara 701 Search dan Naspers akan memiliki komposisi 64 persen Naspers dan 36 persen 701 Search.

Telenor dan Schibsted sendiri di sisi lain telah bekerja sama membuat badan usaha be-commerce SnT Classifieds. Di beberapa negara Asia, Schibsted, SnT Classifieds dan 701 Search akan mengakuisisi operasi Naspers, yaitu induk dari OLX di Indonesia.

Di Indonesia, sebagaimana dikutip Kompas dari Reuters, Jumat (13/11/2014), Naspers telah mengakuisisi OLX (dahulu Tokobagus.com) pada November 2012. Naspers pada saat itu mengakuisisi 65 persen saham Tokobagus.com. Sementara untuk Berniaga.com, situs jual beli tersebut telah diluncurkan oleh 701 Search semenjak Desember 2009.

Menurut Alif, mereka akan mendapatkan manfaat yang besar karena tersedianya pilihan yang lebih banyak ketika ingin membeli barang dan juga bagi penjual, karena mendapatkan calon pembeli potensial yang jauh lebih besar. “Baik penjual maupun pembeli, semuanya berada dalam satu wadah saja, yaitu OLX,” tuturnya.

Karena hal ini bersifat kesepakatan global, saat ini perusahaan sedang menunggu persetujuan dari Komisi Eropa (European Commission). “Kami berharap akan selesai pada awal 2015. Sampai semua proses ini selesai, bisnis akan berjalan normal seperti biasa,” tutup Alif. (sumber: http://techno.okezone.com)

Belum diketahui secara pasti apakah nantinya akan ada nama baru yang digunakan oleh berniaga.com dan OLX di Indonesia, menyusul kerjasama induk perusahaannya masing-masing.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment